Thursday 30 January 2014

[Review] Kei (and Secret Santa guess!)

Judul : Kei (Kutemukan Cinta di Tengah Perang)
Penulis : Erni Aladjai
Penerbit : Gagas Media
ISBN : 978-979-780-649-1
Jumlah Halaman : 250

Buku ini adalah buku kedua dari Secret Santa... ^^ Review buku pertama bisa dilihat disini.

Sebagai pemenang unggulan Dewan Kesenian Jakarta 2012, of course, saya sudah menyimpan ekspektasi yang cukup tinggi untuk novel ini. Untunglah, novel ini tidak mengecewakan saya.Bisa dibilang saya membaca novel ini dalam sekali duduk. Hasilnya emosional. Begitu kalimat terakhir selesai dibaca, jadi speechless untuk beberapa detik -.-'

Novel ini mengambil setting di Kei, salah satu pulau di Kepulauan Maluku. Ketika konflik agama terjadi di sana, Kei pun terkena imbasnya. Peristiwa penyerangan membuat penduduk Kei harus mengungsi, termasuk juga Namira Evav, seorang gadis Muslim yang kehilangan keluarganya karena konflik. Di pengungsian, ia bertemu dengan Sala, pemuda Kristen yang mengalami nasib serupa. Mereka jatuh cinta di pengungsian, sama-sama menyimpan harapan bahwa suatu saat nanti bisa menghabiskan hidup berdua dalam kedamaian.


Tapi rupanya hidup tidak sepaham dengan mereka. Mereka berpisah dan menjalani hidupnya masing-masing. Tapi mereka masih saling mencari, mereka saling menanti.

Endingnya bukan ending favorit saya T.T

Overall, novel ini layak mendapatkan gelar pemenang unggulan DKJ. Penulisannya rapi dan terstruktur. Bagian-bagian tentang penjelasan background sejarah dan adat istiadat lokal tidak terkesan menggurui. Saya tidak tahu banyak tentang Kei, juga tentang suku Ambon, jadi fakta-fakta di novel ini saya terima sebagai pengetahuan baru, dan itu menambah nilai plusnya.

Novel ini sangat Indonesia. Ketika toleransi beragama sudah jadi hal yang mahal di bangsa ini, novel ini terasa sangat tepat waktu.

Anyway, selain beberapa typo, ada satu bagian cerita yang agak mengganggu, yaitu ketika Sala berada di Jakarta lalu terpaksa bergabung dengan gerombolan preman yang dipimpin Bos Yo. Sala 'terpaksa' menjadi pembunuh bayaran karena Bos Yo mengancam akan menyakiti Namira. Sebaliknya, jika Sala mau bekerja sama, Bos Yo akan memberitahu dimana Namira berada. Buat saya ini agak dipaksakan. Apa iya sih sampai segitunya T.T Masa Sala ngga tahu kalo itu cuma akal busuk si Bos Yo. Atau kenapa dia ngga kabur aja lebih awal dari markas preman itu? Toh dia sebenarnya punya beberapa kesempatan buat kabur.

Saya suka unsur romance di buku ini, kerasa, tapi ngga menye-menye  :p 

***

Laluuuuuuuuuu.... sekarang saatnya menebak siapa Santa saya!!! Yeyeyeyeye.....


Riddlenya kaya gini,
Dear Kak Dhieta, kita belum pernah berjumpa, namun aku senang bisa menjadi si Santa. Mungkin dua gambar di bawah bisa menuntunmu padaku. Semoga kak Dhieta suka dengan buku-bukunya. Selamat membaca, semoga kita bisa bertatap muka di dunia nyata.
Daaannn, gambarnya adalah BINTANG dan BIOLA --- got it, the 1st clue.

Trus, resi pengirimannya dari Semarang -- another clue.

Siapa yaaa... haha... akhirnya survey dong ke list peserta Secret Santa dan menurut saya, si Santa ini adalaaaahhhh...
Ika Kartika Utomo, pemilik blog Ika's Bookshelves
Kenapa Ika? Pertama, dia dari Semarang (cek alamat member BBI dong, hahaha) Trus namanya ada unsur bintangnya, dalam bahasa jawa Kartika itu nama salah satu bintang. Trus dia bisa maen biola (yang ini ngecek di foto profil fesbuk ;p)

Ika, kalau benar Santa ku adalah kamu, terima kasih banyak yaa... Nanti kalau aku pulang ke Semarang kita ketemuan yuk, makan Mpek-Mpek di Jalan Gajah Mada :p

Terakhir, thanks banget buat Div. Event BBI (khususnya Oky^^) yang udah mau jadi sesi ribet Secret Santa kali ini. Ini kali pertama saya ikut Secret Santa dan rasanya menyenangkan sekali *big smile

Sampai ketemu di Secret Santa tahun depan!!!

:D

14 comments:

  1. aku mau juga mpek-mpeknya dong

    ReplyDelete
  2. Aku juga mau mpek-mpeknya *ngintil ke Semarang*

    Btw Kei itu sempat menjadi rumahku selama 1.5 tahun makanya aku cinta sama novel ini. Karena membuka memoriku lagi akan Kei :D. Senang deh kalo kamu juga suka

    ReplyDelete
  3. hahaha ini pernah diobrolin di Jabo juga ya dhit :D btw bukunya menarik, jadi penasaran juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Suka sama cara penyampaiannya. Ada perikop terkenal Korintus 13, sama kutipan adat Kei, sampai ttg Islam juga... Cukup kuat jadinya ceritanya.

      Delete
  4. Aku penasaran karena latarnya di Pulau Kei itu.... Asli belum pernah denger sama sekali sebelum liat sinopsis novel ini. Tapi kemudian ada tulisan 'Endingnya bukan favorit" jleb pasti nggak happy ending... Beli nggak yaaa .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, aku ga suka buku endingny sedih tapi gmanapun buku sad ending itu memorable #galau

      Delete
  5. yayayaya, riddlenya gampang banget inih xD

    *colekinkembaranyanggapemaenbiola*

    ReplyDelete
  6. punya tapi belum dibaca >.<

    aku bisa langsung nebak santanya karena info bisa main biola dand ari semarang :D

    ReplyDelete
  7. Kak Dhieta....saya mengaku! heheheee.....

    Wow, sampe nyari foto profile fesbuk, jadi malu akuuuu (udah lupa kalo di fesbuk ada foto itu ;p). Jangan2 riddle-ku terlalu gampang yach, tahun depan bikin yang susah aaahhhh,,,,, #lho?

    Ayo, udah lama nich ga makan mpek-mpek gajah mada, hehe... Kalo pas pulang ke Semarang kabar2 yach kak....See ya ^_^

    ReplyDelete
  8. Hahaha... Asiiiikk, tebakanku benarrrr :D

    Maap ya ngepoin fesbuk haha... Abis ini di add deh :p Eh boleh lho kalo tahun depan mau jadi Santaku lagi hehe

    Thanks banget ya Ika^^

    ReplyDelete