Thursday, 13 November 2014

[Koleksi] Jane Austen - Penguin Red Classics

Kalo soal buku, saya perfeksionis 

-.- 

Maksudnya, kalau misalnya baca serial, saya tipe yang harus baca berurutan, mulai dari no. 1. Saya rela membeli dan menyimpan buku, ngga disentuh-sentuh, sampai saya menemukan seri sebelumnya.  Rasanya ngga asik aja kalo baca cerita tapi lompat-lompat...

Trus, saya juga perfeksionis soal ukuran dan jenis cover. Misalnya buku-bukunya John Green, yang terbitan Penguin beda ukurannya dengan terbitan Speak (imprint-nya Penguin). Berhubung buku John Green pertama yang saya beli, The Fault in Our Stars, terbitan Penguin, pas beli An Abundance of Katherines agak sebel karena ternyata itu terbitan Speak dan ukurannya lebih tinggi dari yang terbitan Penguin. Fiuh, penyesalan selalu datang terlambat T.T

Gara-gara ini juga, saya jadi punya dua buku Will Grayson, Will Grayson, satu terbitan Speak dan satu terbitan Penguin. Soalnya saya bener-bener ngga suka sama cover yang terbitan Speak (lah, kenapa dulu dibeli? x_x) Dan rencananya, saya memang akan beli ulang bukunya John Green biar semuanya terbitan Penguin, yang berarti covernya tipikal dan ukurannya sama.

Nah, masalahnya, kadang buku yang sama bisa diterbitkan oleh penerbit yang berbeda. Terutama sih buku cerita klasik, ada terbitan Vintage, Penguin, Oxford, Woodsworth... Bingung kan? Kalau saya sih lumayan bingung soalnya, ya itu tadi, saya tipe yang merasa harus mengoleksi buku satu pengarang dari satu penerbit yang sama. Jadi kalau beli Vintage ya semua judul harus Vintage. Saya mesti pilih-pilih dulu bener-bener mau koleksi yang mana #rempong

Itulah kenapa saya bikin postingan [Koleksi], buat ngingetin diri saya sendiri saya mengkoleksi buku  apa dari penerbit apa.

Untuk [Koleksi] pertama saya mau cerita tentang novel-novel Jane Austen. Dulu sih saya pengen banget complete novels-nya yang hard binding. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, buku macam begitu bawanya susah, berhubung saya tipikal orang yang baca sambil jalan, yang ada kalau susah dibawa ntar malah ngga kebaca. Akhirnya, dari sekian banyak terbitan yang ada, saya pilih seri Red Classics dari Penguin. Saya suka ukurannya yang relatif mungil, enteng dan gampang dibawa, dan tentu saja covernya, terkesan sangat vintage dan classy. Cover yang manis ini adalah hasil karya Kazuko Nomoto. Buku ini juga nyaman dibaca karena ukuran hurufnya standar, ngga terlalu kecil dan dempet-dempet kaya kebanyakan terbitan klasik.






Menurut saya, dengan memutuskan koleksi dari satu jenis penerbit kaya gini, hasrat belanja buku saya jadi agak terarah. Misalnya, berhubung saya udah terlanjur cinta sama seri yang ini, meskipun kemarin saya lihat Pride & Prejudice murah banget tetep aja ngga tergoda, soalnya walaupun murah tapi dia terbitan Oxford. Ngga bagus kan dilihat kalo di rak, yang Penguin bertengger manis dan imut, eh tiba-tiba di tengah si terbitan Oxford ini berdiri lebih gede dan lebih tinggi -.-

Anyway, sejauh ini saya sudah punya Emma, Sense & Sensibility, Northanger Abbey dan kemarin baru nemu Mansfield Park. Semoga dalam waktu dekat bisa dapet sisanya :) 


5 comments:

  1. Replies
    1. Iyaaa, makanya pengen banget ngumpulin^^

      Delete
  2. Hai :)
    Saya juga niat ngoleksi Jane Austen yg seri ini loh, tapi dari tengah tahun lalu nyari rata rata sudah out of stock. Boleh tau beli di mana? Thank you :)

    ReplyDelete
  3. Hai, Ellen... sekitar setahun lalu beli di Kinokuniya Singapura. Trus barusan ini dapet di second hand bookstore di London. Emang kayany udah langka yaah, padahal blm lengkap huhuhu

    ReplyDelete
  4. Makasih kak infonya, nanti aku mau coba cari cari lagi deh. Semoga kak dhieta lengkap juga ya koleksinya hehe :)

    ReplyDelete